5 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Yang Wajib Dicoba

Anda sejatinya hanya memerlukan promosi serta tempat kecil untuk memulai usaha. Tiap kendaraan pasti memiliki waktu untuk bersih-bersih alias harus dicuci. Namun, jika Anda berhasil, pendapatan yang berlipat-lipat dibandingkan hanya bekerja sebagai karyawan di perusahaan siap menanti Anda. Membuka usaha yang bisa mendatangkan untung menjanjikan pun sebenarnya tidak harus mengeluarkan modal besar. Buktinya banyak usaha modal kecil yang bisa terus berkembang dan menjadi usaha dengan untung fantastis.

Jika Anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi. Tarif les bisa Anda tentukan berdasarkan pasaran biaya les di lokasi Anda. Selain itu, untuk membuka usaha gorengan juga tidak membutuhkan modal awal yang besar tetapi dengan keuntungan yang menjanjikan.

Bisnis dengan menggunakan modal

Hal ini dilakukan agar nantinya tidak ada pertengkaran di tengah jalan. Seperti halnya mengatur keuangan rumah tangga, usaha yang Anda jalankan juga memerlukan pengaturan keuangan atau modal usaha agar tidak bangkrut. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tips mengatur modal bisnis agar bisnis bisa berkembang dan langgeng. Gunakanlah modal usaha dari pinjaman hanya untuk kegiatan usaha saja. Sebab jika Anda menggunakannya untuk pribadi, hal ini akan memberatkan perhitungan setelahnya.

Modal bisa menyerupai berbagai bentuk, seperti aset dana bentuk uang, atau barang lainnya dengan nilai ekonomis. Modal pun juga bisa didapatkan atau datang dari luar negeri maupun didalam negeri. Adanya pandemi Covid-19 memiliki dampak lain yang bisa dibilang cukup positif. Bukan dalam arti mengamini adanya pandemi, tetapi jika kamu perhatikan sejak virus Covid-19 mewabah, masing-masing dari kita berusaha untuk meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga. Hal itu terlihat dari ramainya timeline media sosial masing-masing orang yang kebanyakan berisi barang dagangannya. Kemudahan untuk mendapatkan modal usaha ikut melanggengkan niatan banyak orang yang ingin memulai usaha mandiri.

KUR Ritel, dengan limit kredit di atas Rp 25 juta sampai dengan maksimal Rp 200 juta per debitur, dan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi. Namun sayangnya harapan ini seringkali pupus karena terkendala dan terbatasnya modal usaha. Untuk membangun sebuah bisnis tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tak jarang, berbagai macam risiko pun rela diambil demi mendapatkan modal usaha.