Ilmu Saham

Ada beberapa indikator yang bisa dilakukan supaya anda terhindar dari saham IPO Bodong atau abal-abal. Indikator tersebut juga bisa menjadi dasar analisis sebelum anda membeli saham IPO. Dengan begitu banyak tantangan tersebut, ada cara yang lebih mudah yang bisa diterapkan. RSA ditujukan sebagai langkah awal bagi mereka yang menginginkan kompetensi dasar untuk dapat melakukan analisa efek. RSA juga telah bekerja sama dengan perguruan tinggi dan universitas sebagai pelengkap kompetensi agar lulusan memiliki kompetensi lebih dan siap untuk memasuki industri jasa keuangan. CSA ditujukan sebagai langkah lanjutan untuk menjadi profesional di bidang keuangan khususnya analis efek.

Buku ini ditulis Ellen May yang merupakan seorang praktisi saham sukses di Indonesia. Di buku ini, Ellen membahas tentang pola pikir yang harus Anda miliki untuk belajar saham. Isi dari buku ini cukup ringan dan mudah dicerna oleh orang yang baru ingin belajar saham.

Perusahaan yang memiliki rasio PER semakin rendah, dianggap semakin bagus. Lo Kheng Hong sendiri menyarankan untuk membeli saham yang memiliki rasio PER sebesar 5x atau ke bawah. Secara umum, saham yang rasio PER-nya sebesar 10x sudah dianggap murah.

Belajar menganalisa saham

Penting juga mengetahui cara membaca basic saham agar bisa lebih memahaminya. Membaca dengan tepat akan menghindarkan Anda dari pembelian saham yang tidak layak untuk dibeli. Sebaliknya jika tren saham TLKM sedang menurun, maka investor dapat menganalisis kapan downtrend kemungkinan akan berhenti. Terhentinya downtrend itu menandai momen yang tepat untuk beli saham TLKM. [newline]Secondary atau intermediate development, pergerakan harga yang berlangsung bersamaan dengan major trend. Analisa ini bertujuan untuk melihat gambaran apakah sebuah perusahaan memiliki kemampuan tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang. Analisis saham juga bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian atas investasi kita.

Untuk membeli saham IPO tetap harus diperhitungkan dari sentimen pasar. Nah sebelum anda menerapkan tips untuk membeli saham IPO, ada baiknya jika mengetahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan IPO. Untuk bisa menerapkan 6 Tips Membeli Saham IPO Agar Tidak Rugi ini, sudah sepatutnya jika anda mempunyai dasar yang terkait dengan dunia investasi. Langkah awal mungkin bisa dilakukan dengan cara belajar dan mencari lebih banyak referensi. Hanya terpaku pada satu saham sangatlah berbahaya karena membuat investor saham menjadi tidak rasional dalam menilai sahamnya. Saat seorang investor sudah jatuh cinta kepada sebuah saham, Ia pun cenderung mengabaikan hal buruk tentang saham favoritnya, hanya ingin mendengar hal baik saja .

Ada 3 cara buying and selling dengan menggunakan indikator RSI, yaitu dengan melihat kondisi Overbought/ Oversold, Melihat assist dan resistance di RSI, terakhir adalah melihat divergence. Jadi, baik analisa teknikal maupun basic tentu saja cocok untuk digunakan oleh siapapun. Namun perlu diperhatikan, setiap analisa yang Anda gunakan haruslah sesuai dengan karakter buying and selling yang Anda miliki. Oleh karena itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu konsep dasar analisa teknikal ini sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakannya dalam buying and selling Anda. History repeats itselfPrinsip ketiga adalah pergerakan harga cenderung membentuk pola-pola tertentu di mana pola-pola ini memiliki kecenderungan berulang dari masa ke masa.

Bagi investor, Analisis teknikal dapat membantu untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk membeli suatu saham guna disimpan dalam jangka panjang. Sementara, bagi dealer pastinya analisis teknikal digunakan untuk menentukan saham pilihan yang berpotensi cuan dalam jangka pendek. Porsi pemakaian analisis teknikal pun akan lebih banyak digunakan oleh dealer dibandingkan investor. Analisis teknikal berperan penting dalam menunjukan chart harga saham, pattern yang terjadi, help & resistance, serta waktu yang tepat untuk menjual maupun membeli dengan bantuan indikator. Analisa elementary ialah analisa yang didasarkan dengan kondisi suatu perusahaan, kondisi ekonomi dan industri terkait. Analisa elementary pada umumnya menggunakan indikator-indikator perusahaan yang tertera melalui laporan keuangan perusahaan seperti Price to Earning Ratio (P/E), ROE , dan lain-lainnya.

Anda bisa belajar banyak lewat buku lainnya seperti bukuself-improvement atau buku biografi para tokoh dunia. Ada sebuah ungkapan yang bilang, “Di laut pasti ada ikan kecil dan ikan besar”. Begitu juga di pasar saham, pasti ada pemain kecil dan pemain yang sudah sangat besar. Modal perusahaan itu awalnya merupakan modal setoran dari para pendiri perusahaan. Namun modal akan bertambah ketika perusahaan sudah mencetak laba / revenue dimana laba akaun diakumulasikan ke dalam modal. Semakin konsisten perusahaan meraih profit, semakin besar modal perusahaan tersebut.